SELAMAT DATANG DI WEBLOG SANGGAR SENI SEROJA TULISAN YANG BERISI MENGENAI KREATIFTAS SENI DI SMA PINTAR KUANTAN SINGINGI RIAU INDONESIA SEMOGA MENJADI KEBERKAHAN BAGI PENULIS DAN PEMBACA SEGALA PENJURU DUNIA

Tingkatkan Kecerdasan dengan Bermusik

piano

TENNESSEE - Bermain alat musik di waktu senggang, apalagi bila ditekuni menjadi musisi profesional ternyata dapat meningkatkan kecerdasan.

Seorang musisi yang telah berlatih selama puluhan tahun akan menggunakan kedua bagian otaknya, kanan dan kiri secara seimbang daripada orang yang jarang bermain alat musik.

 

Seperti dikutip dari sciencedaily.com, Sabtu (4/9/2008), peneliti Vanderbilt University, Bradley Folley mengungkapkan seorang musisi professional lebih efektif dalam mengeksplorasi daya kreatif karena otak kanan dan kiri dalam frontal cortex mereka bekerja lebih dibandingkan yang nonmusisi.

 

"Kami mempelajari dan meneliti pengalaman sehari-hari para musisi, terutama cara berpikir kreatif mereka dan kami menemukan ada perbedaan kualitas cara menjawab suatu permasalahan di dalam aktivitas otak mereka," kata Folley.
Bersama kedua rekannya, Crystal Gibson dan Sohee Park, Folley meneliti sebanyak 20 orang musisi klasik dan membandingkannya dengan 20 orang nonmusisi.
Para musisi yang dijadikan contoh tersebut minimal telah berlatih dan berpengalaman selama delapan tahun. Adapun mereka memainkan berbagai instrumen seperti gitaris, pianis, dan penabuh drum.

 

Gambar Oleh : http://www.newsweek.com/id/158755

 

Selain itu, penelitian itu dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan tertulis semacam psikotes kepada responden, yang sebelumnya diberikan kesempatan bermain, memainkan, dan mendengarkan musik terlebih dahulu.

 

Hasil penelitian pertama menunjukkan, seorang musisi yang menggerakan tangan sekaligus membaca not-not musik dapat menjawab pertanyaan dan merespon pertanyaan lebih baik daripada kelompok nonmusisi.

 

Perbedaan nilai paling jauh terlihat dari tes kemampuan verbal, di mana jawaban musisi lebih sempurna.

 

Selain itu, dengan menggunakan teknik infrared, para peneliti juga melihat perbedaan jumlah oksigen di dalam tekanan darah pada otak ketika para musisi melakukan tes kognitif.

 

Dia mengatakan, penelitian tersebut bertujuan mencari teknik baru psikologi untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam memecahkan sebuah permasalahan. Di samping itu, faktor lainnya juga mempengaruhi daya kreativitas seseorang. Stefanus Yugo Hindarto - Okezone

Sumber:www.medbook.web.id

0 komentar:

Posting Komentar